Senin, 30 Maret 2015

Cara Membuat Hotspot Sendiri di Rumah dengan Mudah

Cara Membuat Hotspot Sendiri di Rumah dengan Mudah

Di rumah punya internet kenceng tapi merasa belum terlalu bermanfaat? Gimana kalo kamu ubah internet dirumah kamu untuk tempat hotspot. Kali ini aku akan membagikan cara membuat hotspot sendiri di rumah dengan mudah.

Umumnya jika kamu membuat hotspot sendiri mungkin kamu akan memanfaatkan fitur ad hoc atau mungkin hotspot biasa yg dilindungi oleh WEP atau WPA, yang kamu berikan kepada orang-orang untuk login. Tentu jika kamu tidak ingin orang itu menggunakan password itu lagi kamu harus mengganti password utama dari WEP atau WPA, ini cukup ribet.

Nah gimana kalo kamu bikin hotspot sendiri yang ada loginnya lewat browser kayak di tempat-tempat Wi-Fi hotspot seperti biasanya. Kali ini selain berbagi cara membuat hotspot sendiri rumah, aku juga akan berbagi cara memberikan login pada hotspot yang kamu buat. Yang kamu butuhkan hanyalah sebuah Wi-Fi entah dari Wireless Router atau dari Laptop. Kemudian ikuti langkah yg aku berikan dibawah ini.


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengubah komputer atau laptop menjadi hotspot. Jika kamu menggunakan Wireless Router kamu bisa membaca tutorialnya disini.

Pertama-tama download dan Install software bernama MyPublicWiFi dibawah ini.
Download MyPublicWiFi

Setelah itu isikan kolom Name (SSID) dengan nama yang kamu pengenin (contoh MyHotspot), kemudian Network key dengan password yang kamu inginkan (contoh 12345678) dan terakhir centang pengaturan Internet Sharing dan ubah menjadi Wireless Network Connection. Terakhir klik tombol Start untuk memulai hotspot.
İmage

Sebuah jaringan baru akan muncul di network adapter yang bisa kamu lihat di Control Panel>Network and Internet>Network Connections.


Langkah kedua kamu perlu menambahkan login hotspot lewat browser, caranya dengan menggunakan software bernama MyHotSpot, kamu bisa mendownloadnya di bawah ini.
Download MyHotSpot

Pertama-tama download dan install software tersebut, setelah itu restart komputer. Jika sudah menyala pastikan hotspot yang kamu buat tadi masih menyala dan dapat terdeteksi.

Setelah itu buka software dan kamu akan berada di window konfigurasi, pilih opsi Automatic network configuration dan klik Next.

Masukan kota dan negara dan klik next, ketika kamu ditanyai username dan password maka klik saja Login.

Untuk mencoba apakah bisa berfungsi apa belum, coba klik menu Edit>Hotspot Configuration>Access, kemudian klik tombol Advanced settings. Centang opsi Enable guest login, isikan username guest bila diperlukan, password guest bisa kamu kosongi dan klik Close.

Kemudian coba hubungkan tablet, laptop atau ponsel dengan hotspot yang kamu buat ini. Jika sudah terhubung maka coba buka browser dan kamu akan dibawa ke halaman login. Isikan username dan password dengan yang kamu isikan dari step diatas tadi, sebagai defaultnya username adalah MyHotspot dan 12345678.
İmage

Sekarang kamu bisa membuat hotspot sendiri di rumah dengan mudah dan cepat.
İmage

Dengan menggunakan software ini kamu bisa melihat jalur lintas trafik hotspot, kamu juga bisa memblokir sharing file, web filter, billing dan sebagainya.
İmage

Semoga thread ini bermanfaat buat temen-temen, jangan sungkan beri aku Like atau +Reps ya kawan kawan Ketawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar